Gelar Apel Khusus Pangkolinlamil Serahkan Penghargaan KRI Teladan

0
41

Keterangan Foto : Apel khusus jajaran Kolinlamil dan olahraga bersama di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Paperjakarta.co.id,Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI R. Achmad Rivai menggelar apel khusus seluruh prajurit dan PNS jajaran Kolinlamil, di Lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (21/12).

Apel khusus yang diawali dengan pemberian penghargaan kepada KRI Banda Aceh 593 yang berhasil menyandang predikat KRI Teladan kedua TNI AL.

Pangkolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. mengungkapkan rasa bangganya kepada 113 prajurit KRI Banda Aceh yang dikomandani Letkol Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Hanla), M.Tr (Han) atas prestasi yang diraihnya.

“Predikat KRI teladan yang diraih oleh KRI Banda Aceh 593 adalah sebuah kebanggaan bagi kita semua, apa yang diraih KRI Banda Aceh merupakan keberhasilan dalam pembinaan karena penilaian sebagai kapal teladan berdasarkan 3 aspek meliputi pelaksanaan operasi, kesiapan material dan profesionalisme prajurit pengawak” ujar Panglima.

Dengan keberhasilan tersebut, Panglima Kolinlamil berharap ini menjadi motivasi bagi prajurit lain untuk meningkatkan profesionalitas dan kinerja sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

Usai pemberian penghargaan kepada KRI Banda Aceh 593, Panglima bersama para prajurit berolahraga yang diawali dengan pemanasan dilanjutkan berjalan dalam barisan mengelilingi lingkungan Mako Kolinlamil. Laksda TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. memerintahkan agar para prajurit selalu kompak, solid dan professional.

Seperti juga dalam arahannya pada “Jam Komandan” sehari sebelumnya (20/12) kepada para perwira, Pangkolinlamil dengan tegas memerintahkan agar menjaga netralitas dalam menghadapi tahun politik 2019 dengan tidak terlibat atau melibatkan diri dalam politik praktis apapun bentuknya.

“Kita sebagai prajurit harus netral dan menjujung profesionalisme, tidak berpihak kepada siapapun pasangan calon yang akan bertarung dalam pilpres 2019 mendatang. Lebih lanjut Laksda TNI A. Rivai mengatakan bahwa Kita sebagai prajurit TNI AL harus siap dan tanggap terhadap situasi yang berkembang secara dinamis sebagai dampak euforia pesta demokrasi yang puncaknya pada pemilu april mendatang. Soliditas dan sinergitas TNI-Polri yang sudah terbangun jangan sampai tergerus oleh isu-isu yang sengaja dihembuskan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

Kolinlamil harus siap apabila dibutuhkan sewaktu-waktu sesuai tugas pokok organisasi (tupoksi) Kolinlamil dalam melaksanakan pergeseran personel dan material. Selain itu juga kita harus meningkatkan pengamanan dan keamanan dilingkungan Mako dan aset-aset serta obyek vital milik Kolinlamil dengan meningkatkan standar pengamanan. Kolinlamil juga harus siap memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bilamana dibutuhkan sesuai dengan undang-undang” tandas Panglima.

Oleh karena itu tidak ada pilihan lain kecuali terus berlatih untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit Kolinlamil serta melaksanakan update standart operation procedure (SOP) sesuai ketentuan sehingga akan terwujud Zero Accident dalam setiap kegiatan.

Suasana kekeluargaan dan keakraban tampak usai jalan sehat bersama, para prajurit bersama dengan Panglima Kolinlamil dan pejabat utama lainnya berbaur menikmati hidangan sarapan pagi dan hiburan musik yang dimainkan personel band Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)