Kompetisi Roket Air Nasional 2018 ” Road to International Water Rocket Compotition 20189

0
152

KOMPETISI ROKET AIR NASIONAL 2018 “Road to International Water Rocket Competition 2018”

Paperjakarta.co.id,Jakarta – Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan mengadakan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) pada tanggal 29 30 September 2018. Kompetisi ini dilaksanakan di PP-IPTEK, TMII dan Lapangan Pusat Teknologi Roket Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Rumpin,bogor.

Kompetisi roket air merupakan ajang adu kreatifitas di bidang teknologi kedirgantaraan, dimana roket air digunakan sebagai salah satu medianya. Dalam kompetisi ini, peserta akan adu keterampilan dalam mendesain dan meluncurkan roket air berdasarkan zona sasaran yang sudah ditentukan mengacu pada aturan yang berlaku pada kompetisi tingkat internasional yangjaraknya dari titik luncur sepanjang 80 meter.

Peluncuran roket akan dilakukan pada hari Minggu, 30 September 2018 di Lapangan Pusat Teknologi Roket LAPAN, sedangkan pembuatan roket air akan diiakukan 1 (satu) hari sebelumnya, yakni hari Sabtu, 29 September 2018 di PP-IPTEK.

Tujuan kompetisi roket air, yaitu untuk menumbuhkembangkan minat, kreatifitas, dan inovasi pelajar Indonesia terhadap pengembangan teknologi kedirgantaraan. Kompetisi ini terdiri dari 2 sesi, yakni pembuatan roket air dan peluncuran roket air. Peserta kompetisi ini berasal dari sekolah di seluruh Indonesia yang berusia 12-16 tahun.

Jumlah peserta KRAN 2018 sebanyak 123 siswa yang berasal dari berbagai kota di Indonesia yang sebelumnya telah menyelenggarakan Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) di masing-masing wilayah, yaitu wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Jombang, Pontianak, Banjar Baru, Bandar

Lampung, dan Palembang. KRAR di masing-masing wilayah diselenggarakan oleh Science Center Daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here