Pernyataan Sikap Relawan Jokowi Menjaga Konstitusi

0
151

Paperjakarta.co.id,Jakarta – Relawan Jokowi bersama partai golkar mengadakan konfrensi pers terkait dukungan terhadap Joko widodo sebagai calon presiden dua periode. Di cafe Paradigma Cikini Jakarta ,Selasa (24/7/2018).

Para relawan jokowi yang tergabung dalam Seknasjokowi dan juga relawan kader golkar yang mengatas namakan #bersama mu Indonesia Maju ikut mendukung Calon presiden 2019 Joko widodo.

Para relawanpun menyatakan siakapnya “Kami, keluarga besar reIawan Jokowi lintas-kelompok, dengan ini menyatakan sikap bersama dalam menanggapi tuntutanjudicial review di MK terhadap UU Pemilu 2017 (Pasal 169/n)

sebagai turunan dari UUD 45 (Pasal 7).

Sikap bersama kami adalah sebagai berikut:

1. Kami menghimbau semua pihak, dalam saat-saat yang penting seperti ini menjelang Pemilu 2019, untuk mengedepankan kepentingan bangsa, menjaga semangat persaudaraan, serta setia pada amanat konstitusi.

2. UUD 45 (Pasat 7idan undang-undang turunannya (UU Pemilu 2017, Pasal 169/n) adalah hasiI dari sebuah proses sejarah di mana bangsa Indonesia sepakat untuk tidak Iagi mengulang kesalahan masa Ialu. Kita telah bersepakat bahwa periode kekuasaan tidak boleh tak terbatas. Kita sadar sepenuhnya, bahwa kekuasaan yang terus berulang tanpa batas cenderung melahirkan otoritarianisme dan kesewenang-wenangan. Karena itulah, UUD 45 dan undang-undang turunannya mengatur dengan jelas bahwa Presiden dan Wakil Presiden hanya boleh menjabat dua periode saja, baik berturut-turut maupun tidak berturut-turut.

3. Pembatasan kekuasaan inilah yang menjadi salah satu pilar demokrasi Indonesia pascaOrde Baru. Ia menjadi fondasi bagi stabilitas poIitik jangka panjang, suatu kondisi mutlak agar Indonesia mampu merebut kemajuan dan mendorong kesejahteraan rakyat. Kalau sekarang pembatasan kekuasaan ini kita utak-atik, atau kita telikung demi kepentingan satu atau dua kelompok, maka kita membuka kotak pandora yang berbahaya. Hal ini akan menciptakan preseden buruk bagi pemimpin di masa mendatang, baik di tingkat nasional maupun provinsi dan kabupaten atau kota.‘

4. Karena itu kami menghimbau kepada tokoh-tokoh terhormat yang berada dalam Mahkamah Konstitusi untuk tetap teguh. Besar harapan kami, sejarah kelak akan mencatat bahwa tokoh-tokoh yang ada dalam mahkamah terhormat ini adalah pahlawan yang membela, merawat, serta mempertahankan demokrasi Indonesia.

5. Kami juga menghimbau seluruh bangsa Indonesia untuk tidak Iengah. Kita sudah berjalan cukupjauh. Jangan biarkan satu atau dua kepentingan, atas dasar apapun, untuk menggiring kita kembali ke masa lalu yang kelam. Indonesia harus terus melangkah maju, merebut masa depan yang lebih baik bagi seluruh rakyat dari Sabang hingga Merauke.

Tampak hadir dalam acara konfrensi pers ini M. Yamin (Seknas Jokowi), Rizal Mallarangeng (Relawan Gojo),Budi Ari Setiadi (Projo),Sihol Manullang (Bara JP),Arief S. Soedjono (Satu Indonesia),Fery Nuzarli (Relawan Buruh Sahabat Jokowi),Marthin Siregar(Komunitas APT),Hendrik Sirait (Almisbat),Ferdinand Semaun (Pos Raya)

(Ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here